Ekonomi

Bibit Kentang Langka, Petani Probolinggo Kelimpungan

[redaksi: [email protected]] | Jumat, 28 Maret 2014 - 12:54:10 WIB

Probolinggo - Petani kentang di Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo mengeluh. Mereka mengalami kendala akibat sulitnya mendapatkan bibit kentang yang dinilai berkualitas.

"Kami sangat kesulitan mendapatkan bibit kentang untuk ditanam di ladang saat ini," kata salah satu petani di daerah Sukapura, Muji Waluyo (45) kepada jatimupdate.com, Jumat (28/3/2014).

Padahal bulan ini seharusnya lahan petani kentang mulai tertanami. Namun saat ini banyak ladang yang masih terlihat kosong diakibatkan kurangnya ketersedian bibit  kentang.

"Jika kendala minimnya ketersedian bibit ketang, maka hasil produksi  kentang sedikit berkurang dibanding tahun-tahun sebelumnya," terangnya.

Di sisi lain, Muji juga mengatakan, biaya tanam kentang dalam per setengah hektar lahan membutuhkan modal kurang lebih Rp 20 juta. Jumlah modal tersebut sudah meliputi biaya untuk  pengelolaan lahan, biaya pembelian bibit, dan biaya perawatan termasuk obat-obatan dan pupuknya.

"Dalam luas tanam seperti itu, bisa menghasilkan produksi kentang  kira-kira 10 ton. Jika harga rata-rata kentang di pasaran berharga 6 ribu per kilogramnya. Maka secara otomatis akan mendapatkan hasil sebesar Rp 60 juta," ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Teknik Produksi Handaka Murwanta membenarkan adanya keluhan petani terhadap minimnya bibit kentang yang diperolehnya untuk musim tanam saat ini.

"Memang dinas sudah memiliki penangkaran bibit sendiri termasuk di daerah Kecamatan Sumber dan Sukapura. Namun kapasitas benih yang dihasilkannya tidak mencukupi lahan tanam petani. Sebab lahan taman petani kentang memang tergolong luas," ucapnya.

Biasanya petani kentang menghadapi kekurangan tersebut dengan mendapatkan kiriman benih berkualitas dari derah Jawa Barat. Namun saat ini pasokan benih ke daerah Probolinggo sangat minim.

"Gunung Sinabung di daerah Sumatera merupakan penghasil kentang juga. Namun beberapa waktu lalu daerah tersebut diguncang bencana erupsi Gunung," jelasnya.

Menurut Handaka, tidak semua bibit kentang berkualitas. Bibit yang berkualitas yakni bibit yang terbebas dari virus atau penyakit  tanaman. Jika tidak memahami hal itu, maka bibit tersebut akan mudah mati akibat hama yang ditimbulakn oleh virus.

"Bibit kentang yang dinilai berkualitas yakni bibit yang memiliki bukti sertifikat pembenihan," terangnya. (Resty M/JU04)










Komentar Via Website : 49
Gold G Sea Cucumber Jelly
23 Maret 2015 - 13:44:11 WIB
membentuk pribadi yang unggul http://goo.gl/9RLBq0
Obat Pelangsing
26 Maret 2015 - 14:51:36 WIB
hadapi masalah dengan GAGAH PERKASA dan TAHAN LAMA http://goo.gl/JBRSvV
Pengobatan Terbaik Untuk Penyakit Maag
16 April 2015 - 11:51:03 WIB
infonya bermanfaat sekali, terimakasih banyak gan, sukses terus.
Obat Penyakit Asma
20 April 2015 - 16:12:33 WIB
Obat Impotensi Tradisional
24 April 2015 - 16:00:43 WIB
http://goo.gl/xx4AAG klik disini
Jaket Kulit Asli Kambing
24 April 2015 - 16:34:41 WIB
Kalau masih ada hari ini berarti masih ada kesempatan bagi kita mengubah hari esok agar lebih baik

| http://goo.gl/gkfgi2 |
Jaket Kulit Asli Murah
24 April 2015 - 16:34:52 WIB
Orang akan mudah merasa down ketika merasa masalah lebih besar daripada dirinya.

| http://goo.gl/lNstAm |
Obat Penambah Gairah Seks Pria
30 April 2015 - 09:18:04 WIB
AwalKembali 123... 5 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)